Pengenalan Javascript

Kenapa Javascript?

Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yg harus dikuasai dalam pembuatan web. ada 3 bahasa yg wajib dikuasai oleh seorang web developer :

  1. HTML untuk membuat sebuah layout halaman web
  2. CSS untuk mengatur tampilan, tata letak, background dan color dari suatu elemen web
  3. Javascript untuk mengatur tingkah laku suatu eleman secara interaktif

Dalam perkembangannya javascript saat ini tidak hanya mendukung pemrograman web saja, bahkan javascript saat sudah bisa menghandle backend system, mobile, server, desktop programming dan banyak lagi. anda bisa mencari beberapa artikel mengenai hal ini, salah satunya link ini

http://www.creativebloq.com/web-design/things-you-didnt-know-javascript-could-do-6122835

Melalui blog ini, saya akan mencoba berbagi pengalaman belajar saya untuk menjadi seorang web developer. Terlepas dari siapapun pembaca sekalian, semua teknologi diatas bisa kita kuasai jika kita bersungguh-sungguh. Ada ungkapan alah bisa karena biasa, jadi untuk menjadi seorang yg expert di suatu bidang yg dibutuhkan adalah membiasakan melakukan suatu hal berulang-ulang dan konsisten.

ada beberapa refferensi saya untuk belajar javascript, dua diantaranya adalah dibawah ini yg saya pakai sebagai acuan untuk menulis blog ini:

Apa yang bisa dilakukan Javascript?
  1. javascript bisa merubah konten html

    Kita bisa mengubah elemen html berdasarkan nama elemen, id, class dan selector lainnya. dibawah ini akan saya contohkan cara mengubah elemen html menggunakan id (document.getElementById).

  2. javascript bisa merubah attribut elemen html

    Kita bisa mengubah value daari suatu attribute elemen dengan menggunakan selector kemudian menuliksan nama attribute. dibawah in akan saya contohkan cara mengubah attribute src pada gambar dengan selector getElementById.

  3. javascript bisa merubah style css

    Kita bisa mengubah style dari suatu attribute elemen dengan menggunakan selector kemudian menambahkan style dan value dari style itu. dibawah in akan saya contohkan cara mengubah background dengan menggunakan selector getElementById.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengenalan javascript. tertarik untuk belajar lebih lanjut? kita pelan-pelan saja, semua pasti bisa kita mulai dari fundamental banget. jadi tidak usah khawatir. jika ada pertanyaan seputar materi, silakan kirimkan di kolom komentar.