Pengenalan javascript bagian 2

Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari series Pembelajaran Fundamental Javascript. Kali ini kita akan membahas bagaimana menyisipkan dan menulis kode javascript. seperti halnya CSS, javascript bisa kita tulis melalui 3 cara :

  1. event tertentu pada elemen html seperti onlick, onchange, onmouseover, onmouseout, onkeydown, onload, dll
  2. internal javascript disisipkan pada tag head atau didalam body, diawal atau diakhir document
  3. external javascript, Javascript disisipkan pada file terpisah dengan file html

Oh iya sebelum kita belajar lebih lanjut mengenai javascript, alangkah baiknya terlebih dahulu kita memiliki kemampuan dasar HTML/CSS dan jangan lupa untuk menginstall browser seperti Google Chrome, Modzilla Firefox, atau Safari (dengan catatan: selain Internet Explorer/Microsoft Edge). Jika rekan-rekan disini belum memahami apa itu HTML/CSS atau bahkan tidak mengenal browser sama sekali, rekan-rekan bisa baca artikel Dasar Pemrograman Web  terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, mari kita liat contoh penempatan sintaks javascript di 3 tempat yang berbeda.

Pada script diatas kita menyisipkan langsung code javascript kedalam event onclick, tanpa menyisipkan code <script> terlebih dahulu. Pembahasan lebih lanjut mengenai javscript events akan kita bahas di pertemuan selanjutnya. Perhatikan contoh selanjutnya dibawah ini.

Pada script diatas kita menyisipkan function ke dalam sebuah event, lalu menuliskan function tersebut didalam tag <script>. tag ini bisa kita sisipkan di head, body atau di tengah-tengah document. namun perlu diketahui tanpa event tertentu, pastikan javascript dijalankan setelah semua elemen html di load terlebih dahulu. setelah kita memahami proses dari kedua contoh script diatas, mari kita buat kode javascript dengan file terpisah.

buatlah tag html dengan script seperti dibawah ini, lalu simpan dengan nama belajar_javascript.html

perhatikan baris dengan tag <script type=”text/javascript” src=”app.js”></script>, itu artinya kita sedang memanggil kode javascript dengan nama file app.js. Mari kita buat file selanjutnya, lalu simpan dengan nama app.js

pada script diatas, kita membuat function dengan nama changeTitle(). dalam function tersebut, kita menyisipkan kode untuk merubah text dari id title. sedangkan baris selanjutnya adalah kita memasukkan event listener untuk memanggil function changeTitle kedalam element html yang memiliki id changeBtn. perhatikan kembali kode html di belajar_javascript.html, disana kita akan melihat elemen dengan id changeBtn.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengenalan javascript bagian 2. mudah-mudahan rekan-rekan diberikan kemudahan dalam proses belajar. ikuti terus blog ini, insya allah materinya akan saya update secara berkala. Jangan lupa share ke teman-teman yang baru belajar.